RSS Feed

Sunday 15 July 2012

Tips Sukses Mahasiswa Baru


kali ini ane posting beberapa tips buat adek-adek calon mahasiswa baru nih

mau sukses jadi maba yang baik ? dimata dosen maupun kakak tingkat dan teman-teman ? check this out . . . !

tips sukses jadi mahasiswa baru :
Perbedaan utama dan pertama ada pada sistem pendidikan di kampus yang menekankan kemandirian kepada para mahasiswa. Menjadi mahasiswa berarti menjadi mandiri, dalam menentukan rencana studi, menentukan pola dan sistem belajar, hingga mengurus berbagai administrasi perkuliahan di kampus.

Agar tidak terlalu kaget, berikut beberapa kiat yang bisa diterapkan mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan pendidikan tinggi.

Kuliah

1. Datang ke kelas tepat waktu. terutama pada kelas mata kuliah yang dosennya benci lelet (kaya smartfren aje. . .)

2. Jangan membolos. Tidak masuk kelas hanya akan membuat mahasiswa kewalahan karena harus mengejar pelajaran. kecuali antum lagi sakit

3. Fokus belajar. Jangan berbalas pesan pendek (SMS atau BBM) selama di kelas, begitu juga dengan email. apalagi kalo sampe ketauan dosen yang lagi ngajar. makjos dah poko'e . . .

4. Belajar menulis dengan baik. Tugas-tugas kuliah menuntut mahasiswa mampu menulis dengan baik. Kemampuan ini mutlak dimiliki semua mahasiswa, tidak peduli apa pun jurusan yang diambil. (mau sukses skripsi kaga ? makanya mulai belajar nulis sejak jadi maba)

5. Kerjakan tugas dengan baik dan penuhi deadline. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan ketika mengerjakan tugas. Dosen biasanya akan memberi catatan di tugas mahasiswa tentang apa saja yang perlu mereka perbaiki. kalo tugasnya dicorat coret dosen berbahagialah. kalo perlu minta corat coret biar bisa dipelajari lagi.

6. Belajar lebih awal, termasuk dalam mengerjakan tugas. Jangan membiasakan belajar di malam sebelum ujian, cicillah sejak awal semester. kalo ane sih kadang belajar didalam bus indralaya. minimal baca buku aja cukup

7. Jangan menyontek. Ketidakjujuran dalam dunia akademik akan mendapatkan penalti keras. Menyontek atau plagiat akan membuat seorang mahasiswa dipecat (skripsi).

8. Jangan menjual buku kuliah yang sudah tidak dipakai, terutama jika buku-buku itu relevan dengan jurusan yang diambil. berguna buat semester depan. apalagi kalo mau ngulang ato nyusun skripsi (pengalaman kakak ane nih)

Kampus

1. Ambil mata kuliah di luar zona nyaman, yang menurut kalian mudah dikuasai. jangan sampe dapet nilai kecil dan merusak "IP" di khs.

2. Belajar teratur. Manfaatkan buku agenda atau kalender untuk mencatat berbagai janji dan deadline yang harus dipenuhi. Hal ini juga termasuk untuk memenuhi janji tepat waktu.

3. Temukan tempat yang menyenangkan untuk belajar. Manfaatkan perpustakaan kampus. ruang baca FKIP asik tuh buat baca-baca buku apalagi perpus pusat.

4. Akui kesalahan, baik kepada dosen maupun teman. Mengakui kesalahan memang akan membuat malu, tetapi hal ini justru membebaskan. be nice to other. semakin banyak teman = semakin banyak tempat bertanya = semakin banyak tempat belajar = mempermudah kuliah antum sendiri.

5. Hidup sehat. Makanlah secara teratur dan konsumsi makanan yang menyehatkan. Jangan lupa rutin berolahraga dan tidur yang cukup. mahasiswa yang kost sering kena penyakit. makanya be nice to your body. terutama buat yang cewe makannya jangan seicrit-icrit yah . . . (kadang saya heran liat temen cewe yang makan nasi di kantin kaga sampe satu centong. *emang bisa yah bertahan hidup dengan makan segitu ? kalo ane sih kaga bisa. lima menit dah laper lagi.)

6. Berhati-hati dengan teknologi dan situs-situs jejaring sosial. Mereka bisa jadi tidak sehat dan membuat mahasiswa ketagihan. jangan keseringan maen game yah, pesbukan juga, bisa membuat lupa jadwa tugas . . . (pengalaman ane sebagai gamers sejati )

7. Telepon rumah dan orangtua untuk memberi dan bertanya kabar secukupnya. ini khusus buat yang kost. ingat, surga ditelapak kaki ibu mamen.

8. Jika ada yang tidak beres, kunjungi dan berkonsultasilah dengan PA. Jangan khawatir, kerahasiaan dijamin. anggap dosen PA itu pengganti orang tua selama di kampus.

9. Bukalah pikiran seluas-luasnya dan bersiap menerima berbagai pengetahuan baru.

12. Pastikan jadwal UAS sebelum memesan tiket pulang. (melihat pengalaman teman-teman yang dari luar palembang)

oke , segitu aja deh . . .selamat dan semoga sukses for all of us

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails